Cara Alami yang Ampuh Mengobati Keputihan

Keputihan adalah cairan keputihan yang diproduksi di dalam rahim dan dibuang melalui vagina. Sebenarnya ini merupakan proses yang normal dan umumnya akan mulai tampak ketika seorang perempuan memasuki usia gadis atau ketika mereka memasuki pubertas sebelum menstruasi. Ini merupakan proses alami untuk menjaga vagina agar tetap sehat. Setiap wanita pasti mengalami keputihan sepanjang hidup mereka. Akan tetapi keputihan akan berangsur-angsur berkurang ketika seorang perempuan sudah memasuki usia menopause.

delima atasi keputihan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa keputihan merupakan sesuatu yang normal yang bisa membantu menjaga vagina agar tetap bersih dan sehat. Normalnya, keputihan tidak memiliki bau. Dan dalam kondisi tertentu, keputihan bisa meningkat jumlahnya terutama beberapa hari sebelum menstruasi, ketika hamil, selama ovulasi hormonal, dan pada saat melakukan hubungan seksual. Namun keputihan juga bisa bertambah banyak ketika perempuan mengalami stres.

Jika debit keputihan yang Anda miliki terlalu banyak dan membuat Anda merasa tidak nyaman, jangan ragu-ragu untuk menggunakan pantyliner untuk mencegah agar cairan tidak menempel di pakaian (celana). Dan pantyliner juga akan membantu menyerap kelembaban ekstra sehingga Anda akan tetap kering dan higienis. Sebisa mungkin, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat seperti jeans atau celana kulit agar area kewanitaan Anda tetap bisa bernapas.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan daerah vagina, sebaiknya cuci setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan air dan sabun yang lembut.

Jika Anda menemukan bau tidak sedap atau iritasi, maka itu berarti bahwa terdapat infeksi di saluran vagina. Bau tak sedap tersebut adalah masalah keputihan yang harus segera ditangani.

Gejala Keputihan

Beberapa gejala keputihan yang biasanya muncul diantaranya adalah:
  • Debit keputihan yang lebih banyak dan lebih tebal serta lebih lengket
  • Terasa gatal-gatal di alat kelamin atau bisa juga ditandai dengan iritasi
  • Berbau busuk atau bau tidak sedap yang sangat kuat
  • Apabila terjadi infeksi, selain membuat debit keputihan lebih banyak, biasanya terdapat juga bercak bercak darah berwarna merah muda
  • Apabila infeksi sangat parah, hal tersebut dapat menyebabkan demam.

Cara mengobati keputihan dengan cara alami yang tidak berbahaya dan tanpa efek samping

Mengobati keputihan dengan pisang

Mengkonsumsi pisang setiap hari ketika Anda mengalami keputihan adalah cara alami terbaik untuk mengatasinya. Mengkonsumsi 1 pisang yang sudah matang dan dicampurkan dengan susu dan madu di pagi hari merupakan cara paling efektif.

Atau Anda juga bisa memasak atau merebus pisang untuk dijadikan berbagai jenis makanan yang akan bermanfaat mengatasi keputihan.

Delima

Buah delima apabila dikonsumsi bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Dikonsumsi dalam keadaan segar atau dijadikan sebagai jus, kedua-duanya akan memiliki manfaat yang sama. Selain buahnya, daun delima juga dikenal sebagai obat herbal alami yang juga bermanfaat.

Memanfaatkan daun delima sebagai obat keputihan caranya tidak terlalu sulit. Cukup ambil sekitar 20 hingga 30 lembar daun delima yang masih segar kemudian cuci hingga bersih, lalu giling hingga halus. Jangan lupa menambahkan sekitar 10 merica hitam. Setelah itu tambahkan setengah gelas air. Kemudian aduk hingga rata dan disaring. Minum cairan tersebut di pagi dan sore hari Selama 3 minggu.

Bubuk jahe untuk mengatasi keputihan

Bubuk jahe juga merupakan obat keputihan yang alami dan efektif. Cara memanfaatkannya, sediakan 2 sendok teh bubuk jahe kemudian rebus dengan 250 ml air sampai kira-kira berkurang setengahnya. Setelah itu, minum air rebusan tersebut setiap hari setidaknya selama tiga minggu hingga Anda merasa bebas dari keputihan.

Daun kemangi dan madu

Campuran daun kemangi dan madu sangat efektif untuk mengobati keputihan. Obat keputihan alami ini cara membuatnya adalah:

Blender atau tumbuk daun kemangi hingga halus kemudian campurkan dengan madu. perbandingannya harus sama. Konsumsilah campuran jus kemangi dan madu tersebut pagi dan sore hari selama dua minggu.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus kemangi dengan setengah sendok teh bubuk jintan lalu dikonsumsi bersama-sama dengan susu sapi selama tiga minggu.

Daun jambu biji

Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar kemudian cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan menggunakan 1 liter air hingga air tersebut berkurang setengahnya. Setelah dikeringkan dan disaring, Minumlah air tersebut dua kali sehari.


Apabila mengalami infeksi akut, perawatan medis diperlukan untuk mengatasinya. Karena apabila tidak ditangani dengan tepat, keputihan atau infeksi bisa menjadi kronis. Selain itu, menghindari stres dan menjalani gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga akan membantu mengatasi keputihan. Tetaplah mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat yang terdiri atas sayuran dan buah-buahan. Diantara beberapa sayuran yang dianjurkan untuk mengatasi keputihan antara lain:
  • Mentimun
  • Tomat
  • Bayam
  • Lobak
  • Bawang, dan
  • Wortel.
Hindari juga berbagai jenis makanan yang digoreng, serta kurangi jumlah konsumsi kopi atau teh.
Labels:
edit