Apa Penyebab dan Obat untuk Asam Lambung Tinggi?

Di bagian pintu masuk perut terdapat sebuah katup yang berbentuk cincin (otot) dalam istilah asing disebut lower esophageal sphincter (LES). Biasanya, LES akan menutup segera setelah makanan melewatinya. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, apabila LES tidak segera menutup atau jika membuka terlalu sering, asam yang dihasilkan oleh lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal tersebutlah yang dikenal dengan istilah asam lambung tinggi.

asam lambung tinggi

Efek dari naiknya asam lambung menuju kerongkongan menyebabkan sensasi seperti terbakar dan nyeri di bagian dada. Jika hal tersebut terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, para pakar kesehatan mengatakan bahwa ini adalah sebuah penyakit. Biasanya penyakit tersebut dikenal dengan istilah refluks asam atau GERD (gastroesophageal reflux).

Penyebab asam lambung tinggi

Penyebab paling umum naiknya asam lambung adalah karena kelainan pada perut yang disebut hernia hiatus. Sebuah kondisi yang bisa muncul akibat LES dan bagian atas perut bergerak di atas diafragma. Diafragma sebuah otot yang memisahkan perut dan dada. Biasanya, diafragma tersebut akan membantu menjaga asam di dalam perut agar tidak naik ke atas. Akan tetapi jika seseorang memiliki hernia hiatus, asam yang ada di lambungnya bisa naik hingga ke kerongkongan dan menyebabkan gejala refluks asam. Namun Selain itu, penyebab lain yang harus diwaspadai diantaranya adalah:
  • Apabila makan terlalu banyak
  • Langsung berbaring setelah makan
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Makan makanan yang berat kemudian langsung berbaring terlentang atau membungkuk
  • Ngemil (makan) saat akan tidur
  • Karena mengkonsumsi makanan tertentu seperti: jeruk, tomat, coklat, daun mint, bawang merah, bawang putih, atau karena mengkonsumsi makanan pedas dan makanan berlemak.
  • Karena mengkonsumsi minuman tertentu seperti alkohol, minuman berkarbonasi, teh, dan kopi.
  • Merokok
  • Karena hamil
  • Karena mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, atau obat tekanan darah.

Obat asam lambung tinggi

Untuk menangani asam lambung tinggi atau untuk menghindari naiknya asam lambung, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.
  • Jangan makan terlalu banyak
  • Hindari langsung tidur terlentang setelah makan
  • Kurangi berat badan
  • Jangan terlalu banyak makan jeruk, atau makan makanan yang telah disebutkan di atas termasuk juga makanan pedas berlemak
  • Berhentilah merokok.
Beberapa obat alami untuk asam lambung yang bisa Anda coba diantaranya adalah:

Atasi asam lambung tinggi dengan jus tanaman lidah buaya

Aloevera atau tanaman lidah buaya bisa membantu menenangkan luka bakar dan orang juga sering memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai penyakit. Dan salah satu yang bisa diatasi dengan menggunakan jus lidah buaya adalah asam lambung tinggi. Cara memanfaatkannya, ambil batang lidah buaya kemudian kerok gelnya lalu blender untuk dijadikan sebagai jus. Sebelum diminum, saring jus tersebut. Setiap hari, cobalah meminum setengah cangkir jus lidah buaya.

Obat asam lambung dengan jahe

Jahe dikenal sebagai obat tradisional untuk asam lambung tinggi yang efektif dan cukup ampuh. Jahe dikenal bisa menetralisir asam lambung. Cara memanfaatkannya:

Ambil antara 2 hingga 4 gram bubuk jahe kemudian buatlah menjadi teh lalu konsumsi untuk mengurangi gejala asam lambung.

Atasi asam lambung dengan permen karet

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research ditemukan bahwa orang yang memiliki gejala GERD bisa diatasi dengan mengunyah permen karet selama lebih kurang 30 menit, terutama setelah makan. Karena mengunyah permen karet akan merangsang kelenjar ludah dan meningkatkan aliran air liur. Air liur yang tertelan akan membuat asam lambung berkurang.

Konsumsi sesuatu yang asam

Logikanya, apabila kita mengkonsumsi sesuatu yang asam dan apabila ada asam yang terasa di bagian kerongkongan, maka hal tersebut akan memberitahukan LES untuk mengunci (menutup) sehingga asam lambung tidak akan naik.

Atasi asam lambung tinggi dengan makan pisang atau apel

Buah pisang memiliki kandungan antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung, setidaknya konsumsilah 1 pisang setiap hari. Selain pisang, apel juga bisa dipilih untuk dimakan terutama beberapa jam sebelum tidur untuk mengurangi atau mencegah rasa tidak nyaman akibat asam lambung.

Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Celana dengan pinggang yang ketat saat perut kenyang dapat menyebabkan asam lambung lebih mudah naik. Sehingga akan sangat bijaksana jika Anda bisa melonggarkan ikat pinggang setelah makan.
Labels:
edit